1. Cari, Kumpulkan & Data Semua Dokumentasi Video!

Ya, banyak sumber. Disinilah kalian mulai menjalani profesi sebagai seorang jurnalis video. Mungkin dokumentasi sepenuhnya dipegang oleh kalian dari awal kalian masuk (MOS, Jambore)? Gak mungkin. Lalu? Bagaimana? Cari! Cari! KALO GUA, gua akan nyari setengah mati video-video yang ada. Cari! Minta videonya kepada sumbernya, atau pinjam! Kakak kelas, alumni, atau eksodus kek.. Cari! Kalo perlu jika dia (si sumber) minta bayaran, Bayar! Yang penting gua dapet potongan video berharga itu. INGAT! CARI, CARI, CARI DAN JANGAN MENYERAH. Ingat-ingat semua event, kejadian yang pernah kalian lalui. Ingat juga! Para sumber tidak selalu official (resmi). Bisa jadi temenloe iseng ngeshoot atau bagaimanapun.

Yang kedua, ingat, ini Video Tahunan, bukan Buku Tahunan. Maka, cari data video (gambar bergerak), jangan foto (gambar diam). Karnea foto sudah menjadi jatah Buku Tahunan. Sementara Video Tahunan jatahnya gambar bergerak. Kecuali jika memang sudah sangat terpaksa banget (gak efektif dan tuh tulisannya, banyak kata bermakna sama diulang-ulang dalam satu kalimat) :p

Kalau sudah kekumpul, TONTON BARENG! Lihat apa saja dokumentasi dan gambar yang kalian punya. Sambil nonton, kalian DATA. Gambar apa saja yang terdapat disetiap kasetnya. Kalo perlu datet “Time Code”nya! Sesi-sesi penting, gambar-gambar penting, dan sebagainya yang akan memudahkan kalian untuk memilih gambar ketika proses peng-capture-an dari kaset ke komputer nanti. Hal ini akan sangat menghemat space harddisk. Hal ini dilakukan oleh Para Pekerja Video Tahunan Kolese Gonzaga Angkatan 19 Tahun 2008.

NAMAI KASET/SUMBERNYA! Hal simpel yang sering dilupakan dan ini fatal. Akhasil kaset hilang atau terselip atau bingung nyarinya karena tidak ada datanya. Berikut contoh tabel pendataan kaset!

Daftar Konten Kaset. Klik gambar diatas untuk mendownload PDFnya.

Daftar Konten Kaset. Klik gambar diatas untuk mendownload form format PDFnya.

Dengan kalian nonton potongan-potongan gambar tersebut, kalian semua (satu tim) tau apa saja dokumentasi yang kalian punya. Dengan begitu, kalian juga akan tahu, seperti apa video itu ‘pantas’ dibuat? Karena kalian akan punya gambaran, gambar apa saja yang kalian punya sampai saat ini.

Iklan

1 Response to “1. Cari, Kumpulkan & Data Semua Dokumentasi Video!”


  1. 1 kaisno online 2 Januari 2018 pukul 18:35

    Rattling excellent information can be found on site.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s




Sang Penulis


Orang aneh yang ngumbar teknik mbikin video tahunan secara gratis.

Arsip

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Iklan

%d blogger menyukai ini: