WAJIB BACA : Selayang Pandang

Masyaallah!” pikir saya. Sudah 6 tahun sejak saya membuat konsep “Video Tahunan” pertama untuk Kolese Gonzaga angkatan 15 pada tahun 2004 dulu. Tulisan ini mulai gua tulis, tanggal 27 Mei 2008 pukul 13.30, yang sebetulnya berformat buku (untuk diterbitkan internal Gonzaga) yang ditujukan untuk membantu teman-teman Gonzaga yang akan membuat video tahunan agar dapat mandiri memproduksi.

Ah! Enggak enak pake saya-anda… pake gua-elo… atau pokoknya gua menyebut diri penulis ini menggunakan kata “gua” aja, yaa… bahasanya juga gak usah bahasa baku. Mungkin bisa lebih membantu untuk bisa lebih dimengerti…

Sekarang gua teruskan lagi menulis tulisan ini dalam bentuk sebuah blog yang berbasiskan wordpres.com. Saat ini tanggal 21 Agustus 2009 Pk. 03:00 jam di komputer gua. *ehm*… Jika diantara anda ada yang bertanya, kenapa sih gua menulis buku ini? Jawabannya ada tiga dan sangat sederhana. Pertama, gua khawatir video tahunan yang dulu sukses gua rintis pada tahun 2004 menghilang begitu saja. Alasan kedua, setiap kali video tahunan selesai dikerjakan, pasti ada ‘sesuatu’ yang bisa kebawa. Pengerjaan video tahunan merupakan pekerjaan kelompok/tim/regu atau apapun itu. Pekerjaan ini membutuhkan kekompakan yang kuat. Ketiga adalah media penyalur pengalaman dan/atau curhat (curahan hati) gua sendiri maupun temen-temen pekerja selama bergelut dalam dunia video tahunan yang pingin kami bagi kepada teman-teman sekalian.

Pengerjaan video tahunan gua jamin tidak akan selanggeng, segampang, seasoy, se-simpel yang elo bayangin. Pasti nanti di dalamnya banyak masalah, baik dari rusaknya peralatan teknis padahal deadline udah deket, masalah dana, hingga ke dalam hubungan antarpribadi anggota pekerjanya. Tapi tenang dulu, orgasme (puncak kepuasan) dari pengerjaan Video Tahunan adalah ketika video tersebut selesai dan ditayangkan, lalu mendengar tawa ketika adegan lucu, menangis ketika adegan sedih, dan gemuruh tepuk tangan dari penonton (yang kebetulan adalah teman-teman kita).

Video tahunan Kolese Gonzaga, tidak seperti “Video Year Book”, atau hanya cuplikan-cuplikan gambar. Video tahunan kita (Gonzaga) memiliki dan harus dibentuk dari sebuah konsep yang menarik dan enak ditonton, kita punya sebuah tujuan, dan kita punya sebuah alur. Video tahunan bukan slide-show photo! Video tahunan juga bukan profil sekolah. Pada dasarnya konsep video tahunan adalah seperti buku tahunan : yaitu pengenang.

Peralatan pendukung produksi video tahunan juga saat ini sudah relatif murah. Bayangin aja, dulu untuk bisa mengedit video, paling enggak butuh komputer yang jika di total mencapai hampir 20 juta rupiah (masalah teknis, lengkapnya nanti ya!). Lha sekarang? Komputer standar ditambah alat yang harganya palingan 60 ribu aja udah bisa ngedit video. Belom lagi kita tinggal di Indonesia, software editing yang harganya 20 juta-pun bisa di beli dengan harga 20 ribu. Itu namanya software “pejuang”. Indonesia kan manusianya “pejuang” semua… Hehehe…

Camcorder atau alat rekam gambar… Dulu di tahun ’90-an, untuk menciptakan kualitas broadcast (atau kualitas tinggi siap siar) harga kamera video mencapai 100 juta dan beratnya mencapai hampir 20 kg. Sekarang? Consumen camcorder (baca : Handycam) seharga 6 juta juga sudah banyak di pakai oleh reporter-reporter televisi kok. Hehe…

Biasanya kita sebut handycam ya… padahal ‘handycam’ adalah nama produk yang di keluarkan oleh SONY untuk produk konsumer camcorder (camera recorder)nya. Ya sudah, biar gampang kita sebut saja handycam lah!

Nah! Yang terlupakan pada tahun 2008 (zaman video tahunan dibawah penyutradaraan Yorint Mayrza Fangenano, Angkatan 19) terlupakanlah sebuah regenerasi, dimana produksi video tahunan tidak mengikut sertakan angkatan bawahnya. Hal ini berbahaya karena dapat merusak regenerasi dari video tahunan. Berbeda dengan buku tahunan, video tahunan memiliki workflow yang jauh berbeda dan membutuhkan pengalaman khusus di bidang videografi.

Yang pasti sudah 6 kali gua pribadi terlibat di dalam tim pembuatan video tahunan. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita pasti mengalami kesulitan atau masalah di dalam pengerjaannya. Tapi yang juga tercipta diantara itu adalah sebuah kenangan pribadi bagi kita yang tidak pernah terekam di dalam video tahunan itu sendiri, yaitu pengalaman selama mengerjakan video tersebut.

Baca semua yang ada dalam blog ini, karena masalah dan materi gak gua jadikan satu bab, melainkan dalam setiap tulisan yang gua tulis mengandung masukan-masukan yang cukup untuk kalian pelajari untuk video tahunan mendatang.

Yuk, sekarang siapin dana secukupnya, siapin juga konsep serta kebutuhan-kebutuhan lainnya dan kita mulai produksi video tahunan yang berkualitas. Dan inilah blog pertama yang mengulas habis segalamacam tentang video tahunan! Bacalah! Membaca adalah satu-satunya jalan yang bisa membuat anda lebih pintar. Betul, bukan?! 🙂

dan catatan dari gua :

Buat Video Tersebut Sedini Mungkin!

Salam Hormat,

Radian “Jawa” Kanugroho
Kolese Gonzaga 16++
Penulis

6 Responses to “WAJIB BACA : Selayang Pandang”


  1. 1 Issac 12 Juli 2018 pukul 16:30

    It’s awesome for me to have a web site, which is useful in support
    of my know-how. thanks admin

  2. 2 Visit This Website 10 April 2013 pukul 11:19

    Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any
    widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates.

    I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

  3. 3 amaq 24 Agustus 2011 pukul 10:28

    pake software apa ??

  4. 6 molinbangunan 26 Agustus 2009 pukul 15:48

    Cepat yaa bikin vidionya nanti di iklankan di sini

    http://iklanbaris-gratis.org

    gratis looo….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




Sang Penulis


Orang aneh yang ngumbar teknik mbikin video tahunan secara gratis.

Arsip

Agustus 2009
S S R K J S M
    Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d blogger menyukai ini: